white and black floral textile

Kehidupan Belajar Penuh Makna
di SLB Purnama Asih

Dari ruang kelas hingga halaman bermain, kami hadir mendampingi setiap anak untuk tumbuh, belajar, dan merasa dihargai.

white and black floral textile
1. Pendidikan Akademik

SLB Purnama Asih menyelenggarakan pembelajaran akademik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing peserta didik. Kurikulum yang digunakan mengacu pada Kurikulum Merdeka atau Kurikulum Khusus (jika diperlukan), dengan pendekatan individual melalui individualized education plan (IEP) yang disusun secara cermat. Fokus utama dari pembelajaran ini mencakup penguasaan keterampilan dasar seperti calistung (membaca, menulis, berhitung), pelatihan kemandirian dalam bersosialisasi, serta pengembangan fungsi kognitif dan sosial-emosional anak.

Kami percaya bahwa setiap anak memiliki potensi belajar, asalkan diberikan ruang dan metode yang sesuai. Oleh karena itu, proses pembelajaran di SLB Purnama Asih dirancang untuk membangun rasa percaya diri, kemandirian berpikir, serta kegembiraan dalam belajar tanpa tekanan, tanpa perbandingan.

2. Terapi Perilaku

Terapi perilaku diberikan untuk membantu siswa yang memiliki gangguan perilaku atau tantangan dalam mengatur emosi. Pendekatan yang digunakan mencakup teknik-teknik seperti Applied Behavior Analysis (ABA), intervensi individual, penguatan positif, dan strategi penanganan tantrum. Program ini tidak berdiri sendiri, tetapi dirancang dan dijalankan oleh tenaga profesional yang bekerja sama dengan guru kelas dan orang tua, sehingga prosesnya berjalan holistik, konsisten, dan penuh perhatian.

Tujuan dari terapi ini bukan hanya untuk mengurangi masalah perilaku, tetapi juga untuk membentuk resiliensi emosional, kemampuan mengelola stres, dan relasi sosial yang sehat. Kami ingin setiap anak merasa diterima, dimengerti, dan memiliki kendali atas dirinya sendiri.

3. Pelatihan Kemandirian

SLB Purnama Asih menekankan pentingnya kemampuan hidup sehari-hari sebagai bagian tak terpisahkan dari pendidikan. Siswa dilatih secara bertahap untuk melakukan aktivitas dasar seperti makan sendiri, menjaga kebersihan tubuh, berpakaian, menggunakan toilet, serta menjalani interaksi sosial yang fungsional.

Tujuan kami adalah agar anak tidak hanya belajar di ruang kelas, tetapi juga siap menjalani kehidupan yang lebih mandiri di lingkungan rumah dan masyarakat. Kemandirian ini bukan hanya soal bisa melakukan sesuatu sendiri, tetapi juga tentang membangun harga diri, rasa mampu, dan keyakinan bahwa mereka bisa berdaya dalam kesehariannya.

4. Pembiasaan yang Baik (Karakter Positif)

Pembentukan karakter positif menjadi bagian penting dalam rutinitas harian di SLB Purnama Asih. Salah satu pembiasaan yang dilakukan secara rutin adalah sholat dhuha bersama, yang bukan hanya menjadi sarana pelatihan spiritual dan kedisiplinan, tetapi juga sumber ketenangan batin dan pembinaan akhlak sejak dini.

Selain itu, kami secara konsisten menanamkan nilai-nilai kehidupan seperti sopan santun, kejujuran, tanggung jawab, dan empati kepada semua peserta didik. Karena kami percaya bahwa pendidikan sejati tidak hanya mencerdaskan pikiran, tetapi juga membentuk karakter dan hati yang luhur.

5. Bimbingan Prestasi (Minat dan Bakat)

SLB Purnama Asih memberikan ruang yang luas dan ramah bagi siswa untuk mengeksplorasi dan mengembangkan minat serta bakat mereka. Potensi ini bisa muncul dalam berbagai bentuk, seperti seni lukis, tari, olahraga, keterampilan tangan, hingga teknologi. Bimbingan diberikan melalui kegiatan ekstrakurikuler, pelatihan tematik, serta partisipasi dalam lomba internal maupun eksternal.

Program ini dirancang bukan semata-mata untuk mengejar piala, tetapi untuk membangun rasa percaya diri, identitas diri, serta kebanggaan dalam proses tumbuh kembang anak. Kami percaya, setiap anak punya sesuatu yang istimewa untuk dibagikan kepada

6. Kesiapan Kerja (Vokasional)

Bagi siswa remaja dan dewasa, SLB Purnama Asih menyelenggarakan program kesiapan kerja atau vokasional sebagai bagian dari pendidikan transisi menuju kemandirian. Kegiatan dalam program ini mencakup pelatihan keterampilan kerja dasar, kewirausahaan sederhana, serta pengenalan lingkungan kerja melalui kegiatan magang.

Kami juga menjalin kemitraan dengan berbagai pihak luar untuk memberikan pengalaman kerja yang realistis, adaptif, dan inklusif. Tujuan akhir dari program ini adalah agar peserta didik mampu menjalani kehidupan sosial dan ekonomi secara lebih berdaya, sesuai kapasitas dan potensinya.

Di SLB Purnama Asih, setiap anak istimewa kami dampingi dengan kasih dan pendekatan profesional agar tumbuh, belajar, dan berkembang sesuai potensinya melalui 6 cakupan utama pendidikan yang holistik dan bermakna.
white and black floral textile

Menemani Setiap Langkah Istimewa Anak-Anak Hebat

Kumpulan momen berharga dari setiap proses belajar, berkarya, dan bermain bersama anak-anak luar biasa di SLB Purnama Asih.
white and black floral textile

Merayakan Prestasi Anak Hebat Purnama Asih

Jejak keberhasilan yang lahir dari semangat belajar, bimbingan tulus, dan kerja keras tanpa batas.

Setiap anak adalah bintang dengan sinarnya sendiri. Di SLB Purnama Asih, kami percaya bahwa kemampuan istimewa patut dirayakan dalam setiap bentuk pencapaian baik akademik, seni, olahraga, maupun keterampilan hidup. Halaman ini menyimpan momen-momen penuh bangga dari anak-anak hebat kami yang telah berani tampil, berjuang, dan menunjukkan potensi terbaik mereka

white and black floral textile

Momen Berarti dalam Setiap Kegiatan Kami

Mengabadikan jejak keceriaan, semangat kolaborasi, dan pengalaman luar biasa dari setiap event yang digelar di SLB Purnama Asih.

Setiap acara adalah ruang tumbuh, tempat anak-anak mengekspresikan diri, berinteraksi, dan belajar dari pengalaman nyata. Galeri ini merekam berbagai kegiatan dan event penting mulai dari peringatan hari besar, kunjungan, pelatihan, hingga momen kebersamaan yang menghangatkan hati. Inilah bukti nyata bahwa setiap kegiatan membawa arti dan membentuk cerita indah dalam perjalanan pendidikan inklusif di SLB Purnama Asih.